Laman

Sabtu, 07 Juli 2012

Macam-Macam Toolkit dan Fungsinya

pasti pernah buka baut tapi gak punya kuncinya kan? alhasil dipaksain dibuka dan bikin bautnya aus dan gak bisa dipasang lagi... berikut kumpulan kunci yang di buat untuk mempermudah dalam ngebuka baut yuk simak jenis dan fungsinya...


Rapid Gear Wrench

Kunci terlihat patah tidak hanya merek Facom. Ada juga merek Bullock’s. Tapi, intinya sama, hanya saja berbeda merek dan mungkin kualitas. Fungsinya, membuka atau kencangkan baut.

Uniknya, kunci yang nampak patah padahal tidak itu, enggak perlu lagi menarik dan memasukan kunci yang dijual Rp 200–500 ribuan ini ketika memutar baut. Sebab, melalui ujungnya itulah proses konvensional tak perlu dilakukan.

"Jelas menghemat waktu. Terlebih, jika membuka baut di ruang yang agak sempit," kata Dony Djaja, sales manager PT Sarana Tehnik Mandiri Abadi yang menjual Bullock’s.


Twist Socket

Jika alami baut slek, membukannya enggak perlu digetok pakai benda tajam biar berputar. Tapi, bisa menggunakan tool yang disebut Twist Socket ini. Kunci special fungsi ini dihargai Rp 250-270 ribu.

Cara pakainya pun mudah! Tinggal masukan mulut soket ini ke baut yang slek lalu digetok palu. Setelah masuk, tinggal buka menggunakan handel racetan atau handel kunci sok. Kunci ini tersedia buat buka baut mulai dari ukuran 10 – 22 mm.


Obeng Praktis

Ketika membongkar baut kembang pakai obeng alias screwdrivers, pastinya ingin proses menjadi praktis dan cepat. Solusinya, bisa tempuh obeng merek Facom ini. Menariknya, karena tidak perlu angkat obeng untuk kembali memutar baut. Tapi, cukup terus memutar.

Sebab, obeng ini tak ubahnya kunci sok alias ratchet. Buat mengendurkan atau mengencangkan baut, tinggal menggeser bagian bawah gagang obeng saja. So, soal waktu pasti lebih efisien tuh!


Kunci Mahkota

Saat ganti kampas kopling Honda Tiger, biasanya bengkel umum yang tidak punya kunci lengkap kerap ketok pompa oli. Tindakan ini selain merusak bagian pompa oli, juga bikin bekas pahatan yang tidak hilang.

Treker atau kunci mahkota gigi primer khusus Honda Tiger juga sebenarnya ada. "Seperti merek JCK yang dihargai Rp 60 ribu ini," kata Ayung tokonya yang berada di Lindeteves Trade Center (LTC) GF2 Blok C 1-3, Jl. Hayam Wuruk No.127, Jakarta Barat.


Hollow Punch Set 3-25 mm

Kunci ini digunakan untuk membolongi pelat besi dan plastik yang bersifat polyuretan. Misalnya, seperti pelindung rantai. “Saya sudah pernah coba di Ninja saya dan hasilnya bagus juga rapi,” ungkap Beby dari tokonya yang berada di LTC Glodok, Lt. GF1, Blok. C12, No. 1&5, Jakarta Barat.

Dibanderol dengan harga Rp 200 ribu, kemasan mirip tempat CD. Jadi, bisa disimpan ditempat yang praktis. Kunci ini cocok untuk modifikator yang sering membolongi pelat besi dan plastik.


Alat Potong Rantai

Masih menggunakan ca­ra lama kala memotong rantai rantai? Yaitu dengan main ketok pake palu, baiknya tinggalkan cara lama itu! Sebab, ada alat praktis untuk memotong atau masang kembali pin rantai. Misalnya buatan Bullock’s. Dijual, Rp 134 ribu.

Caranya penggunaannya, letakkan di mata rantai yang akan dipotong. Lantas, putar handel hingga mata treker menekan pin rantai sampai keluar.


Kunci S

Kunci ini bentuknya mirip huruf S, maka itu namanya pun S Shape Box Wrench Set. Bentuknya yang unik berfungsi untuk membuka dan mengencangkan baut yang berada dicelah sempit.

Alat ini dilego Rp 250 ribu. Biasanya orang agak aneh dengan bentuknya. Tapi, jika dilihat dari fungsinya, alat ini berguna untuk membuka baut yang sulit dijangkau.


Mini Drill Set

Sekilas kunci ini mirip dengan tespen. Mungkin karena gagangnya yang memang mirip dengan alat pengetes arus listrik itu. Tapi, jika melihat batangnya dan ulirnya kecil, kadang orang banyak yang tidak tahu alat ini untuk apa.
Jika melihat bentuknya, alat ini fungsinya sama dengan mata bor yang berfungsi untuk membuat lubang. Tetapi, karena mata bornya yang kecil, sehingga fungsinya untuk membolongi lubang spuyer pada karburator. Harganya yang hanya Rp 80 ribu.

sumber: (motorplus-online.com)

Jumat, 06 Juli 2012

Teknik Menghadapi Jalan Berlubang


masalah jalanan berlubang udah jadi masalah sehari-hari kalo tinggal di jakarta, banyak yang udah jadi korban dari jalanan berlubang termasuk ane...


Berikut tipsnya, yang dikutip dari halaman Facebook Divisi Humas Mabes Polri:


Teknik menghadapi lubang yang benar adalah:

1. Kalau anda sudah hapal jalannya, ini yang paling baik, tentu saja dari kejauhan anda sudah mulai persiapan untuk berpindah lajur.

2. Beri jarak pandang yang cukup bagi anda dengan kendaraan di depan, sehingga kondisi jalan di depan lebih terlihat.

3. Ketika melihat lubang segera perlambat kendaraan dengan menutup putaran gas dan kedua rem. Kemudian, bila memungkinkan tengok kaca spion untuk memastikan tidak ada kendaraan yang akan melintas diarea yang akan anda gunakan untuk menghindar. Bila tidak memungkinkan, perlambat kendaraan sampai berhenti kemudian anda melihat kaca spion dan tunggu sampai situasi aman kemudian menghindari lubang tersebut. Jangan berspekulasi. Berbahaya!

4. Bila jarak pengereman terlalu pendek dan anda harus melewati lubang tersebut, tetap memperlambat kendaraan dan angkat pinggul anda, sedikit tekuk lutut dan siku tangan, dan genggam lebih kuat setang kemudi anda. Hal ini bertujuan agar anda tidak terlempar dari kendaraan. Kemudian berjalan lagi dengan tenang dan lebih waspada.


tips di atas juga berlaku bila bro sekalian mengetahui pengendara di depan anda akan menghadapi lubang, cobalah untuk mengurangi kecepatan dan memberinya kesempatan untuk menghindar daripada pengendara tersebut menghindar pada saat kita sedang melintas di sebelahnya.... 


Terlepas siapa yang benar dan yang salah, kita tetap saja terlibat dalam kecelakaan....


Kecelakaan dimulai saat safety diabaikan
sumber: detikoto

Selasa, 03 Juli 2012

Pantai Legon Pari

hari sabtu kemarin setelah UAS gue nyusul temen-temen yang turing ke sawarna. perjalanan dari kampus ke bayah sekitar 6 jam itu juga karena ketemu malem di cikidang jadi rada ngurut jalanan daripada nyemplung jurang...

perjalanan solo turing
baru kali ini ngerasain solo turing dan ternyata enak ketimbang turing rame diatas 5 motor. perjalanannya pun suka-suka berhenti cuma kalo udah cape sama pingin pipis doang. perjalanan dimulai dari kampus kearah bogor lewat jalur parung dan istirahat di pombensin jambu dua. setelah tenaga kekumpul lagi perjalanan dilanjutin sampe parung kuda lewat ciawi disini berasa capek banget soalnya jalanan macet dan banyak truk padahal kalo motong jalan lewat jalur alternatif bisa langsung nembus di lido tapi berhubung gak tau jalan yaudah lewat ciawi aja.


sampe di parung kuda akhirnya berenti lagi buat liat peta nyari jalur ke pelabuhan ratu. setelah liat peta ternyata lebih deket lewat cikidang untuk kearah pelabuhan ratu. dengan semangat 45 akhirnya langsung belok ke arah cikidang dan pas sampai arus liar ternyata udah mulai gelap jadi terpaksa jalan pelan-pelan karena gak keliatan. 

akhirnya cikidang dapat ditakhlukan dan sampe juga di pelabuhan ratu... perjalanan pun dilanjutin sampe bayah itu pun masih pelan-pelan. karena gelap dan jalanannya gak keliatan gue pun kelewatan sampe terminal bayah padahal gapura sawarna udah lewat 10km. dengan muka bete akhirnya puter balik dan ketemu juga gapura sawarna... karena udah cape banget akhirnya ngebut masuk hutan sampe tempat mang nur. untungnya jalanan udah dibenerin gak kaya terakhir kesana jalanannya bolong-bolong jadi makin enak deh jalannya hehe... 

udah sampe...
sekitar 10 menit akhirnya sampe juga di tempat mang nur. pas nyampe sana terus parkir motor ternyata temen-temen gue udah pada tidur. langsung aja gangguin sampe mereka bangun haha. setelah curhat-curhat sedikit tentang perjalanan dan udah makan pula akhirnya gue bisa istirahat dan tidur juga.....

kelaperan
paginya sekitar jam setengah 5 kebangun gara-gara laper dan setelah celingukan ternyata bukan gue sendiri yang kelaperan. karena tempat makan yang paling deket itu di terminal bayah akhirnya kita samperin juga tuh buat nyari sesuap bubur dan segenggam kerupuk.

udah kelar makan daripada bengong di tukang bubur akhirnya jalan-jalan sambil cuci mata pas balik ke tempat mang nur. di perjalanan ternyata banyak pantai-pantai kecil yang ada batu karang gedenya... karena penasaran akhirnya masuk pantai buat poto-poto sedikit ala biker galau 

    

disana juga tempat para pemburu lobster... harga lobster disini sekitar 180rb - 200rb perkilo

    

legon pari...
setelah kenyang cuci mata akhirnya balik lagi ketempat mang nur dan bangunin temen-temen yang lagi tidur buat main ke pantai. setelah puas main air kita pun mandi dan tidur sebentar dan sorenya perjalanan pun ke legon pari. legon pari ternyata ada dideket sawarna dan pantainya bagus banget. 


perjalanan ke legon pari ternyata gak sebagus yang diharapkan jalannya masih batu-batu terus lewat jembatan juga kaya di sawarna tapi ini lebih parah banyak yang bolong sama kawat yang purus. perjalanannya cukup sulit dan jalur yang di lewatin nyeremin...

 
   

tapi kebayar kok pas sampe pantai dan gak ada obatnya deh. pantainya bagus banget bikin gak pengen pulang hehe... 

    

karena gak pengen nyia-nyiain pemandangan bagus ini akhirnya para biker narsis pun beraksi poto-poto motor mereka di pantai hohoho

        

karena masih belum puas akhirnya perjalanan pun dilanjut sampe karang taraje tapi pas mau jalan kesana ternyata jalanannya gak bisa ditembus motor. dengan muka bete karena gak bisa kesana akhirnya balik lagi deh ke legon pari sambil pesen makan sama minum dan istirahat bentar akhirnya pulang juga ke tempat mang nur... diperjalanan pulang ternyata lewatin banyak rumah yang produksi gula aren. ternyata di sini masyarakat desanya produksi gula aren gak heran kalo disini banyak pohon kelapa.

pisah
karena hari senin pada kerja gue pun pisah sama yang lain om koko, asta, sama irwan pulang duluan tapi gue sama om caesar masih lanjut nginep di mang nur,,,

paginya gue jalan-jalan lagi dipantai sendirian niatnya sih bikin semacam jalan setapak dari batok kelapa tapi baru bikin beberapa meter doang nyerah haha

 

udah cape main di pantai akhirnya jalan-jalan lagi kebelakang sambil liat sawah dan tidur di rumah yang ada dibelakang tidur mulu ya gue disini hoho... 

pulang
sorenya gue sama om caesar pun pulang berangkat jam setengah 5 dan sampe cikidang jam 7... setelah istirahat bentar akhirnya lanjut lagi sampe lido dan mampir sebentar kerumah pak abi (troop) buat istirahat sebentar sembari nunggu bubaran pabrik. soalnya kalo dilanjut bakalan macet banget...

jalanan pun sepi dan gue sama om caesar pun pamit. lanjut jalan karena jalanan udah sepi dan nyampe bogor sekitar 45 menit. sebelum pisah ama om caesar gak lupa poto-poto dulu hoho


dari depok lanjut lagi cabut ke rumah kurang lebih 30 menitan lah dari depok hehe

demikian perjalanan gue ke legon pari mohon maaf kalo ada salah-salah kata :p

Rabu, 27 Juni 2012

GANTI TISSUE DENGAN SAPU TANGAN/HANDUK

Pernah mikirin gak tissue yang biasa kita pake sehari-hari itu asalnya darimana? Pernah bayangin gak apa yang bakal terjadi kalo kita sering pake tissue?

Sejarah Tissue
Pertama kali ditemukan, bahan baku kertas adalah bahan baku non-kayu, sisa sayur mayur seperti sutra, serat kapas, jaring ikan yang sudah tua, batang buah mulberry, rumput-rumputan, bambu, rotan dan sebagainya. Sejalan dengan perkembangan industrialisasi dan kapitalisme, dirasakan perlu untuk membuat suatu industri berskala besar, tersentralisasi dan padat modal. Namun kendala itu sulit mendapatkan bahan baku non-kayu dalam volume besar dan dapat diperoleh secara berkelanjutan.

Sekitar tahun 1860-an dimulailah sejarah pembuatan kertas dari bahan baku kayu. Saat itu hutan-hutan tua yang ada menyediakan 'tambang' bahan baku yang memungkinkan produksi komersial berskala besar dan berkelanjutan. Oleh karenanya harganya dapat ditekan sampai 85%. Sejak saat itu pulalah kebutuhan akan kertas juga meningkat, seperti yang berasal dari kebutuhan industri media massa cetak, termasuk untuk produksi tissue.

Saat ini 90% bahan baku pulp berasal dari kayu, yang mencakup sekitar 170 juta ton per tahun. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut tanpa harus menebang hutan alam, maka dibutuhkan sekitar 10 juta hektar hutan tanaman

Fakta Tissue
Dalam satu kotak tissue atau sekitar 2-20 kotak tissue, diperlukan minimal sebatang pohon untuk ditebang dan diolah. Sedang sebatang pohon butuh enam sampai delapan tahun untuk bisa siap ditebang dan diolah lagi.

Fakta Hutan
Hingga saat ini, Indonesia telah kehilangan hutan aslinya sebesar 72%. Indonesia merupakan salah satu tempat dengan tingkat kerusakan hutan tertinggi di dunia dengan tingkat kelajuan deforestasi sebesar 3,8 juta hektar per tahun, berarti Indonesia kehilangan luas hutan sebesar empat kali luas pulau Bali atau sebesar 300 kali luas lapangan sepakbola setiap jam.

Jika angka itu dipertahankan apalagi ditingkatkan maka Indonesia tak lagi memiliki hutan dataran rendah di Pulau Sumatera di tahun 2010 dan hutan di dataran rendah di Pulau Kalimantan tahun 2020 Sebanyak Apa Tissue Yang Kita Gunakan SehariDalam keadaan normal, diasumsikan penggunaannya adalah 5 sheet (lembar) tissue/hari. Satu Pack Tissue berisi kurang lebih 20 sheet. Misalkan satu batang pohon berusia 6 tahun bisa memproduksi kira-kira 2- pack tissue, maka satu batang pohon tersebut itu akan habis dengan pemakaian seseorang hanya dalam waktu 40 hari saja.

Pemakaian 40 hari/orang bisa mengorbankan satu batang pohon, yang alur hidupnya mencapai 6 tahun. Itu baru untuk satu orang.

terus apa dong yang harus kita lakuin? Solusinya gampang kok bisa dengan .......


GANTI TISSUE DENGAN SAPU TANGAN!!



Pokoknya apa aja selain tissue!! Sapu tangan/handuk bisa dipakai ulang pemakaiannya. Kalau sudah kotor tinggal cuci. Sapu tangan/handuk yang bersih bisa digunakan lagi. Sementara jika kita menggunakan tissue untuk mengusap peluh... setelah dipakai, tissue bisa langsung dibuang. Makanya... mulai berubah biar hutan gak makin gundul.

Less Tissue...Less Tree That Being Cut Off !!!

Kamis, 21 Juni 2012

Trotoar Untuk Pejalan Kaki dan Jalur Busway Untuk Bis Transjakarta

tadi pagi pas berangkat kuliah gak sengaja liat pengendara motor yang naik ke trotoar, ya walaupun pemandangan kaya gitu udah bukan hal yang aneh lagi disini tapi tetep aja suka ada rasa sebel liatnya. alasan pengendara motor yang naik trotoar pun macem-macem mulai dari macet lah, takut terlambat lah, sampe yang paling sok bijak mereka nyalahin populasi kendaraan yang terlalu banyak udah tau banyak kenapa ditambahin pak

udah tau populasi kendaraan tinggi tapi kenapa tetep bawa kendaraan?

padahal kalo emang takut telat kan bisa di antisipasi dengan jalan lebih pagi ya walaupun keadaan jakarta gak bisa di prediksi tapi mendingan kepagian lah daripada kesiangan. kalo masalah populasi kendaraan yang tinggi kan bisa diatasi dengan lebih tertib berkendara dan saling menghargai pengendara lain.

gambar dari gilamotor

gambar dari gilamotor

ternyata masalah kota ini gak cuma pengendara motor tapi pengendara mobil pun ikut bermasalah, mereka suka seenaknya masuk jalur busway kalo mau gak macet tuh naik bisnya jangan naik jalurnya. alasannya pun gak beda jauh sama pengendara motor mulai dari takut macet lah sampe takut terlambat.

kalo gak mau macet tuh naik bisnya jangan naik jalurnya


coba perhatiin gambar dibawah deh disitu ada perbandingan ruang kalo misalnya 60 orang bawa mobil pribadi, bus, dan sepeda bisa juga dianggap itu motor. coba liat siapa yang paling banyak makan tempat? no offense lah biar kalian sendiri yang nilai :p


yuk mulai sekarang kita saling menghargai sesama pengguna jalan....
ingat!!! bukan cuma kita loh yang pake jalanan ini masih banyak orang lain...

Rabu, 20 Juni 2012

Tempat makanan dari plastik - Earthhour 2012


Tidak. Plastik yang dihindari hanya plastik sekali pakai. TAPI, untuk wadah makanan ada beberapa plastik yang aman untuk makanan dan ada yang tidak. Tahu dari mana? Dapat dilihat dari kode di bagian bawah wadah plastik tersebut.

Yang Aman Untuk Makanan:
·         5/PP: biasanya berupa botol transparan yang tidak bening. Paling aman untuk wadah makanan.
·         4/LDPE: berupa botol yang lembek. Mudah didaur ulang dan aman untuk makanan.
·         7/ OTHER [SAN/ABS]: terdapat 4 jenis plastik dengan kode 7 atau OTHER. Yang aman untuk makanan adalah yang ada tambahan kode SAN atau ABS.
·         2/HDPE: botol susu

Yang Harus Dihindari:
·         1/PETE/PET: banyak dipakai sebagai botol Air Minum Dalam Kemasan karena hanya untuk 1 kali penggunaan dan tidak boleh terkena air panas karena senyawa kimia pada botol mudah  bercampur dengan makanan/minuman.
·         3 V/PVC: adalah bahan baku dari plastik ClingWrap. Paling sulit didaur ulang dan mengandung senyawa DEHA yang dapat masuk ke dalam makanan ketika terkena panas.
·         6/PS: Styrofoam, berbahaya untuk kesehatan, sulit diurai, tidak bisa didaur ulang.
·         7/ OTHER PC: mengandung polycarbonate yang berbahaya bagi kesehatan


Earthhour 2012

Rabu, 23 Mei 2012

Sejarah Supermoto


Supermoto merupakan evolusi dari motorcross dan motor balap jalanan. Supermoto sendiri awalnya dipahami sebagai suatu permainan semua pembalap dari balapan motor yang berbeda2, yakni Drag, Motorcross dan supersport dan sejenisnya ,di mana pembalap terbaik dari tiga 3 jenis balapan motor  datang bersama-sama dan bersaing untuk menjadi pembalap terbaik dari 3 balapn tersebut. sejak saat itu balapan Supermoto mulai rutin digelar.

Kebanyakan lintasan balap supermoto memiliki ukuran aspal dari 50-75% dan sisanya adalah jalanan off-road. Bagian offroad biasanya dibangun dari tanah liat dikemas dan rintangan fitur gaya motorcross seperti berm dan superbowl. Jenis lintasan juga sangat bervariasi bahwa seluruh lintasan dapat dibangun di mana saja seperti area  aspal terbuka yang memiliki daerah trek tanah. Saat itu Balapan Supermoto juga telah berhasil diselenggarakan di pusat-pusat perkotaan yang sibuk menggunakan jalan-jalan kota tertutup untuk kursus jalan dan tanah kosong untuk bagian offroad nya.

Motor yang sering digunakan Supermoto biasanya custom dari motor jenis Trail dengan pemakaian Velg Lebar dan ban lebar yang biasa dipakai buat balapan. Pengendara juga memakai kombinasi perlengkapan balap jalanan  dan peralatan offroad, seperti wearpack dengan helm motorcross dan sepatu bot. Tidak seperti balap sepeda motor yang pada umumnya, penekanan terletak pada kecepatan lambat-biasanya kurang dari 100 mph (160 km / jam) - pendek, trek teknis, di mana keterampilan pengendara lebih penting daripada kinerja mesin . 




Supermoto memiliki asal-usul pada tahun 1970 di mana World Wide ABC Olahraga adalah rating tertinggi acara olahraga di Amerika Serikat. Pada tahun 1979, ABC menugaskan untuk dibuat acara TV  yang disebut "Superbikers," yang diciptakan oleh jurnalis sepeda motor dan promotor Gavin Trippe, ini dimaksudkan untuk menemukan pembalap semua jenis balapan motor utama dengan menempatkan semua pembalap bintang dari balapan yang berbeda seperti: balap datar (Drag), motorcross dan balap jalanan ( Supersport). Superbikers kemudian terwujud sebagai acara tahunan dijalankan pada Raceway Carlsbad California selatan. Aspal-dan kotoran dimaksudkan untuk menarik bakat dari dunia off-road, trek datar dan balap jalanan. saat itu Kejuaraan Nasional dimenangkan oleh Kenny Roberts dan Jeff Ward, yang masing-masing olahraga pada waktu itu Balap Jalanan dan motorcross, dan Pada Tahun 2003 menandai kebangkitan olahraga di Amerika Serikat dengan kelahiran AMA Supermoto kejuaraan dan dengan kejuaraan X-Games Supermoto ESPN. 


Saat ini sepeda motor yang digunakan untuk balapan Supermoto didominasi mesin satu silinder empat stroke dirtbikes didukung dengan Velg 17-inci (430 mm) atau 16,5 inci (420 mm) .ini digunakan agar bisa menggunakan ban yang lebih lebar ,daya pengereman ditingkatkan dengan mengganti cakram depan dengan diameter yang lebih lebar dan kaliper bermerk.Meskipun kurangnya pepohonan di balapan supermoto, pelindung tangan ( hand guard ) sering ditambahkan ke motor supermoto karena sudut menikung  yang ekstrem dicapai oleh pengendara. pelindung  tangan juga sangat meningkatkan perlindungan dari tuas rem & kopling sapabila motor mengalami kecelakaan , agar ketika terjadi kecelakaan memungkinkan untuk melanjutkan balapan.
     Pada tahun 1991, pabrikan Italia Gilera merilis 'Nordwest' model, pabrik pertama yang  memproduksi supermoto.Negara Eropa lainnya  juga mengikuti untuk memproduksi motor2 supermoto, di antaranya KTM, Husqvarna, Husaberg dan CCM, semua produsen saat itu lebih mengarah model off-road.Butuh sepuluh tahun lagi, sampai pertengahan 2000-an untuk produsen Jepang, seperti Yamaha (2004), Honda (2005) dan Suzuki (2005) untuk mulai memperkenalkan model supermoto di pasar Eropa. Sebagian besar sepeda supermoto dijual ke publik adalah model yang lebih gampang dikendarai untuk menggunakannya dijalan daripada dipakai balap langsung, misalnya Suzuki DR-Z400SM.
      Pada musim semi tahun 2006, pabrikan Italia Ducati mengumumkan mereka masuk di pasar supermoto dengan mesin Hypermotard, yang memiliki lebih banyak kesamaan dengan jenis streetfighter,ini dipertimbangkan karna supermoto sejati mampu bertahan melompat dan tahan banting. KTM saat ini telah tersedia KTM690SM silinder 990 cc V-twin yang dapat digambarkan sebagai jalan utama akan Hypermoto, dan merek baru (dan sangat dihargai) tunggal. Aprilia juga memiliki dua 450 cc dan 550 cc SXV supermoto .


Karna Tren Supermoto semakin berkembang ,beberapa pemilik motorcross memodifikasi motor mereka untuk penggunaan jalan.seperti mengganti diameter velg dan penerapan ban2 lebar , selain itu juga pemasangan perlengkapan berkendara seperti lampu, sein, spion, dll.