Laman

Kamis, 21 Februari 2013

Pake oli mobil buat motor?


Oke sebelumnya gue pengen bahas topik ini karena intinya gregetan sama salah satu topik yang jadi perdebatan tentang oli di group facebook... pertanyaannya simple tapi karena yang jawab asal jadi ruwet deh !@#$%^&


Jadi awalnya ada yang nanya oli yang jadi rekomen buat motornya... awalnya banyak yang bener merekomendasikan oli yang biasa mereka pakai buat motor kesayangannya. Nah tiba-tiba mulai panas karena ada yang ngasih rekomendasi oli shell HX-5... HX-5 itu merupakan salah satu produk shell yang diperuntukan untuk mobil.



Terus kenapa kan sama-sama oli? Ya jelas beda lah... pada dasarnya oli buat mobil itu beda sama yang dipake buat motor... kenapa? Soalnya pada mobil oli mesin Cuma dipake buat ngelumasin piston beserta kawan-kawannya (tidak termasuk koplling dan gearbox).. sedangkan untuk motor jelas oli di desain untuk melumasi piston, gearbox, kopling, dan semua yang ada dalam mesin (tapi beda kasus jika kalian pake motor matic)..

Nah hal ini diperkuat pula oleh postingan tmcblog yang wawancara langsung sama michael knaak beliau lebih ngerti soalnya dia orang dari shellnya langsung... nah tmcblog nanya sama knaak tentang oli yaiyalah masa nanya yang lain K. Nah biar gak bingung mending nonton videonya langsung deh


di video itu knaak bilang “You must be very carefull of doing that !!” nah loh... terus dia lanjut ngejelasin bahwa mesin mobil tidak sama dengan mesin motor.  Pelumas pada mobil hanya bertugas melumasi bagian mesin saja seperti perputaran piston dan sebagainya. Sedangkan pada motor, oli bertugas juga selain melumasi mesin dia juga berfungsi untuk melumasi gearbox transmisi, nah thin based Oil menurut Knaak dapat ‘endangered’ atau membahayakan bagian Transmisi .

terus kalo gak ada oli motor gimana? Kalau emang harus pake oli mobil, ada baiknya pilih oli mobil yang ‘thick’ alias kental atau dalam bahasa resminya memiliki viskositas yang tinggi... cmiiw . ..

1 komentar:

  1. Suka bertaruh sabung ayam ? sekarang sudah praktis
    bisa bermain kapan saja dan dimana saja
    kami tunggu kedatangan anda di BOLAVITA

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    BalasHapus